tokoternak.com

tempatnya beternak

Bentuk dan konstruksi kandang ayam

Bnyak bentuk dan konstruksi kandang ayam bisa dibuat untuk mengatasi suhu tinggi di daerah tropis, dari kandang yang hanya dibangun berdasarkan konstruksi yang sederhana hingga kandang yang menerapkan teknologi modern. Pada dasarnya, kandang yang dibuat ditujukan agar ayam bisa tumbuh aman dan nyaman.
Tantangan terbesar dalam beternak ayam di daerah tropis adalah cara mengatasi teriknya matahari yang menyebabkan timbulnya temperatur yang panas. Salah satu cara mengatasi terik matahari ini adalah dengan memperhatikan arah kandang agar sejajar dengan lintasan matahari (arah timur barat). Tujuannya adalah agar sinar matahari tidak masuk ke dalam kandang. Ventilasi di dalam kandang harus dibuat sebaik mungkin sehingga temperatur di dalam kandang menjadi relatif lebih rendah dibandingkan temperatur di luar kandang.
Walaupun banyak bentuk dan konstruksi kandang yang bisa kita pilih namun semuanya harus berdasarkan pada kegunaan dan rencana usaha yang akan kita jalankan. Bentuk kandang berdasarkan bentuk atapnya dapat dibagi menjadi atap tanpa monitor dan atap bermonitor (semimonitor, single monitor, dan double monitor).
Bentuk kandang ayamnya pun berbeda-beda, ada kandang tipe lantai atau yang disebut dengan floor types ada juga yang menggunakan kandang tipe sangkar, cage type, sedangkan untuk ventilasinya dibagi menjadi ventilasi yang bisa dikontrol dan ventilasi yang tidak bisa dikontrol.

kandang ayam
kandang ayam

kandang ayam

Updated: August 14, 2014 — 2:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme