tokoternak.com

tempatnya beternak

TEKNIK BETERNAK AYAM KAMPUNG DENGAN KANDANG SISTEM REN

Jika kita sudah memutuskan untuk membangun kandang dengan sistem Ren atau sistem setengah terbuka, maka kita harus membangun suatu sistem peternakan ayam yang baik agar ayam-ayam kampung tersebut cepat berreproduksi dan menghasilkan ayam-ayam lainnya. Hal ini sangat berbeda cara beternak dengan sistem umbaran (dilepaskan begitu saja) yang tidak memerlukan teknik khusus dalam peternakan-nya.

Dalam beternak ayam kampung dengan sistem Ren ini, jumlah ayam kampung jantan harus dibatasi karena jika ayam jantan (jago) yang terlalu banyak bisa menimbulkan keributan terus menerrus didalam kandang karena kedua ayam jago tersebut berkelahi sampai ada yang kalah. Karena itulah jumlah ayam kampung jantan harus dibatasi satu atau dua saja. Kita pilih yang tidak terlalu tua mengingat ayam yang terlalu tua biasanya tidak produktif lagi dalam menghamili ayam kampung betina.

Baca Juga>>Teknik beternak ayam kampung dengan kandang sistem ren

Jangan lupa untuk menyediakan pakan dan minum yang tepat tiap hari, jangan terlambat, selain itu harus disediakan kandang peneduh untuk mencegah ayam mengalami overheat (kepanasan). Jangan lupa untuk sering memeriksa isi kandang, apa saja yang perlu kita cek?

  • Kotoran ayam, lihat jenis kotoran ayam, apakah normal atau ada yang seperti dempul
  • Adakah lubang-lubang yang dibuat hewan selain ayam pada pinggiran-pinggiran kandang.
  • Adakah ayam berperilaku aneh. Pastikan ayam tersebut tidak sakit. Jika ketemu ada ayam kampung yang sakit, segera pisahkan dan beli obat yang banyak di toko-toko unggas.
  • Untuk sarang ayam kampung mengeram, sebaiknya diletakkan ditempat yang agak berbeda, usahakan tempatnya adalah tempat yang bersih agar ayam kampung betina betah untuk bertelur dan mengeram disana.
 
Ada saran dari beberapa peternak yang menyarankan agar ayam kampung yang selesai mengeramkan segera dimandikan lalu disatukan kembali dengan kelompoknya untuk segera bertelur kembali, sementara anak-anak ayam yang baru menetas dipisahkan dalam kandang indukan, kemudian dipelihara sebagai mana mestinya.

Updated: July 6, 2014 — 3:50 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme