tokoternak.com

tempatnya beternak

SKALA PETERNAKAN AYAM BROILER

Skala kecil (Peternakan rakyat)

Jumlah ayam yang diternakkan sekitar 1.000-5.000 ekor, tapi ada juga yang berkisar antara 5.000-25.000 ekor. Peternakan seperti ini adalah peternakan dengan modal yang terbatas dan tidak berlangsung sepanjang tahun, hanya bulan-bulan tertentu saja menjelang hari besar. Kandang dibangun secara sederhana dan dibangun di dekat tempat tinggal sendiri, sifat kepemilikan hanya bersifat perseorangan.

Skala sedang (Peternakan Mapan atau peternak besar)

Jumlah ayam yang dipelihara sekitar 50.000-500.000 ekor ayam broiler. Status kepemilikan peternakan masih perseorangan. Sistem pemeliharaannya lebih maju dibandingkan dengan manajemen peternakan rakyat. Walau lebih maju namun usahanya belum berbentuk badan hukum, PT ataupun CV.

Skala besar (Skala perusahaan)

Peternakan sudah bernaung di bawah perusahaan secara legal dan sudah berbentuk badan hukum sendiri. Jumlah ayam broiler  yang dipelihara juga sangat bervariasi namun bisa mencapai lebih dari 100.000 bahkan bisa berjuta-juta. Selain itu, cara pengoperasiannya adalah secara bersama-sama dengan sistem kerjasama antar peternak dengan pola kemitraan.

Updated: July 24, 2014 — 11:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme