tokoternak.com

tempatnya beternak

MENJAGA KESEHATAN AYAM YANG KITA SAYANGI

Pemeliharaan kesehatan ayam itu sebenarnya lebih difokuskan pada pencegahan terjadinya atau timbulnya penyakit. Oleh sebab itu kita harus melakukan semua hal yang mungkin bisa mengakibatkan ayam kita menjadi sakit.
Secara umum ada perbedaan yang sangat mencolok antara ayam yang sehat dan ayam yang sakit. Pada ayam yang sakit biasanya ayam tersebut hanya diam saja disatu tempat seakan-akan kedinginan, kotorannya pucat atau seperti dempul, lamban, tidak lincah serta warna jengger berubah dan maya ayam tampak sayu.
Untuk mencegah penyakit harus dimulai dari dua hal penting yaitu: sanitasi dan vaksinasi. Ayam yang tinggal dalam kandang tertutup pengelolaan kesehatannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan ayam yang dipelihara dengan sistem umbaran atau tanpa kandang.

Kebersihan kandang Ayam

Kebersihan kandang adalah dasar yang paling utama dalam mencegah datangnya penyakit. Selanjutnya diharapkan, ayam dapat bertahan terhadap berbagai serangan penyakit.
Penyediaan kandang peneduh yang baik untuk ayam-ayam beristirahat pada malam hari, dan dihari hujan atau terik matahari, begitu juga dengan penyediaan sarang yang bersih, merupakan upaya-upaya sanitasi yang baik. Kandang jangan dibiarkan bocor, sehingga akan membuat lantai basah.
Apabila disediakan pakan dan minum pada tempat tertentu, maka tempat-tempat tersebut agar dijaga kebersihannya setiap hari tetap berusaha untuk mengawasi kalau-kalau ada ayam sakit, yang harus segera dipisahkan dari kelompok yang sehat, karena besar kemungkinan bisa menularkan penyakit yang dideritanya.
Penggunaan antiseptik atau desinfektan dengan jalan disemprotkan ke sekitar kandang pada waktu-waktu tertentu secara teratur dianjurkan untuk mengurangi perkembangan berbagai kuman dan kutu di sekitar kandang.

Vaksinasi Ayam

Untuk unggas ayam, telah ditemukan berbagai vaksin yang dapat dipakai untuk meningkatkan imunitas tubuh ayam terhadap penyakit. Seperti dikemukakan pada Bab 2 Budidaya, vaksin ND merupakan vaksin penting yang harus dimasukan ke dalam tubuh ayam untuk meningkatkan imunitas atau daya kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit virus ND.
Beberapa vaksin lain telah dianjurkan untuk diaplikasikan untuk menangkal beberapa penyakit menular lainnya.

Updated: July 10, 2014 — 2:36 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Like a bunch of the things I’ve added to the NRHP assemble, I had no thought that these were at all sinnaficigt back when I took the photo (which, if I recall correctly, was the day I went to buy my bike form Village Cycle back in 2006). They just looked clean, so I got a shot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme