tokoternak.com

tempatnya beternak

LANGKAH AWAL BETERNAK AYAM BROILER

Langkah awal dalam beternak ayam broiler adalah menentukan besarnya modal usaha yang tersedia yang akan digunakan untuk investasi dan modal operasional. Besar kecilnya modal usaha yang disediakan akan menentukan skala usaha yang akan kita jalankan.
Selain investasi berupa modal, kebutuhan sumber daya manusia juga harus diperhatikan karena akan terlibat langsung dalam usaha perkembangbiakan ayam broiler. Jika tidak ada tenaga kerja yang siap bekerja, maka kita tidak akan bisa membuka usaha ternak ayam broiler.
beternak ayam broiler

Modal Investasi Ayam Broiler

Modal investasi digunakan untuk membiayai pengadaan semua keperluan prasarana dan sarana usaha yang sifatnya tetap. Prasarana dan sarana tersebut dipakai selama tenggang waktu cukup lama, bisa 5 tahun hingga 15 tahun. Yang dimaksud sarana dan prasarana disini adalah kandang, tempat minum, tempat makan, sapu dan lain-lain.
beternak ayam broiler

Berikut ini beberapa komponen modal investasi ayam broiler:

  • Modal pembuatan kandang: jumlah yang digunakan tergantung dari tipe kandang, ukuran kandang, bahan baku yang digunakan, tergantung dari tipe kandang, ukuran kandang, bahan baku yang digunakan, lokasi kandang, ongkos tenaga kerja dan biaya perizinan.
  • Modal instalasi air: untuk kebutuhan minum ayam, kebersihan dan lain-lain.
  • Modal pengadaan alat pemanas: tujuannya untuk penetasan dan pembesaran ayam.
  • Tempat minum dan makan ayam
  • Modal pembuatan gudang pakan dan peralatan pemeliharaan: Bagi pengusaha kecil, gudang tidak mutlak diperlukan, namun beda halnya pada peternak besar dengan jumlah pakan hingga berkarung-karung. Pembuatan gudang induk harus terpisah dari kandang ayam. Isi gudang harus bisa menyimpan pakan ayam hingga 5-7 hari ke depan. Namun sekali lagi, ukuran dan kapasitas tergantung juga dari jarak gudang dan lokasi gudang dari tempat peternakan.
  • Modal tambahan mencakup transportasi untuk pendistribusian pakan dan distribusian hasil penjualan. Dengan adanya alata transportasi sendiri penjualan hasil produk peternakan akan jauh lebih cepat. Modal tambahan lainnya: Tempat tinggal (mess) pekerja, incenerator dan gudang pupuk. Tidak semua peternak ayam broiler yang menyediakan sarana ini.

Updated: July 23, 2014 — 11:59 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme