tokoternak.com

tempatnya beternak

Kendala dalam usaha pembibitan Ayam broiler

Usaha pembibitan ayam broiler (broiler breeder) adalah salah satu usaha yang paling maju perkembangannya dari tahun ke tahun. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan meningkatnya kebutuhan akan daging ayam broiler. Saat ini para pengusaha ayam broiler bahkan terus menambah cakupan wilayah dan kapasitas produksi guna mencukupi kebutuhan daging ayam tersebut. Selain itu, intensifikasi mulai dari penggantian kandang dari sistem kandang terbuka menjadi kandang sistem tertutup adalah salah satu cara yang wajib dilakukan untuk menekan pembiayaan dan meningkatkan produksi.

pembibitan ayam broiler
Ada beberapa hal yang harus digarisbawahi dalam menjalankan usaha pembibitan ayam broiler ini yaitu:
  1. Penyakit flu burung masih menjadi ancaman terburuk bagi para peternak karena banyak peternak yang harus gulung tikar karena kandangnya dianggap terinfeksi penyakit flu burung dan harus dihanguskan.
  2. Permintaan anak ayam masih dipengaruhi oleh budaya, cuaca dan tradisi keagamaan, seperti bulan Suro, bulan ramadhan dan lebaran serta pada bulan musim libur dan masuk anak sekolah. Pada beberapa kondisi di atas terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan jumlah bibit ayam yang diproduksi. Untuk bulan Suro dan musim hujan permintaan bibit anak ayam akan menurun, tapi hal itu berbeda pada bulan-bulan menjelang ramadhan, libur sekolah dan kondisi lebaran. Pada bulan-bulan tersebut biasanya permintaan bibit anak ayam justru meningkat dibandingkan dengan kapasitas bibit ayam yang diproduksi.
  3. Sistem pemasaran anak ayam baik anak ayam umur sehari (DOC) maupun ayam dewasa saat ini lebih cenderung ke direct selling atau jual langsung karena sudah mudahnya teknologi dan jalur pemasaran.
pembibitan ayam broiler
Updated: July 18, 2014 — 3:00 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme