tokoternak.com

tempatnya beternak

VAKSINASI PADA AYAM

Sebenarnya ayam terutama ayam kampung, adalah unggas yang tahan pada penyakit. Namun hal tersebut bukan berarti kita harus membiarkan ayam kesayangan kita terkena penyakit. Seluruh macam jenis ayam, seperti halnya unggas yang lain bisa terkena penyakit, baik itu ayam kampung maupun ayam negeri. Yang terpenting adalah, kita harus bisa mencegah agar penyakit ayam ini tidak mengenai atau tertular ke ayam-ayam kesayangan kita.

Sebab itulah saat ini dikenal istilah vaksinasi ayam. Tapi ternyata, tidak sedikit peternak yang masih berfikiran bahwa melakukan vaksinasi itu mahal, memberikan vaksin pada ayam itu hanya menghabiskan uang saja. Akibatnya ayam ayam sering dibiarkan saja hidup di dalam kandang yang kotor dan bau tanpa divaksin sama sekali. Padahal, jika vaksinasi tersebut dilakukan dengan benar akan diperoleh hasil yang baik dan biaya yang kita keluarkan jatuhnya jauh lebih murah karena vaksinasi bisa menekan angka kematian pada ayam.
Apa fungsi dari vaksinasi itu sendiri? Program vaksiniasi sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan ayam dengan cara pembentukan antibodi.
Ada banyak sekali jenis vaksin yang digunakan untuk membentengi ayam dari penyakit-penyakit infeksi.
Beberapa penyakit yang bisa dicegah melalui vaksinasi adalah:
1. Bronchitis infectious
2. Newcastle disease
3. Snot/ Coryza
4. Fowl pox/ cacar
5. Egg Drop syndrome
6. dll
Pada artikel berikutnya akan saya paparkan jenis-jenis vaksin dan penggunaannya
Updated: June 3, 2014 — 12:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme