tokoternak.com

tempatnya beternak

PERAWATAN ANAK AYAM BANGKOK USIA 0-4 BULAN

Anak ayam bangkok yang baru lahir hingga usia 4 bulan merupakan masa pembentukan fisiknya.

Pembentukan fisik dari ayam bangkok ini sangat ditentukan dari keberhasilan pemberian asupan makanan pada periode ini. Karena itulah kita harus memberikan konsumsi pangan dan kebebasan bergerak yang maksimal karena jika diabaikan maka ayam bisa menjadi kecil dan jelek fisiknya. Sekali lagi, anak ayam bangkok yang memiliki konsumsi pangan dan gerakan yang sedikit di dalam kandang yang terlalu sempit akan mengakibatkan ayam tumbuh dengan fisik yang tidak maksimal.
Secara garis besar, pembentukan ayam bangkok yang baru lahir itu amat sangat dipengaruhi oleh :
1.    asupan pangan
2.    kebebasan bergerak/ keleluasan fisik

ASUPAN PAKAN ANAK AYAM BANGKOK

Hingga anak ayam berusia 4 bulan, anak ayam bangkok harus mendapatkan konsumsi pangan yang seimbang dan baik. Sumber pangan tersebut harus mencakup kebutuhan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin.  Bahkan demi menjaga pertumbuhan fisik yang baik, beberapa peternak menambahkan susu pada pakan ayam tersebut.
Caranya adalah bahan pakan buatan pabrik dicampur dengan susu jenis tepung dengan perbandingan 1 : 5 (1 kilogram susu dicampur ke dalam 5 kilogram pakan ayam).
Walaupun terkesan lucu, namun berdasarkan pengalaman peternak ayam bangkok, pemberian susu ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam dan hasilnya sangat berbeda dengan ayam yang tidak mendapatkan campuran susu di dalam pakannya.
Jenis susu apa yang harus kita berikan? Jenis susu yang bisa kita berikan tidak harus susu yang mahal, tapi cukup susu yang terdiri dari zat-zat esensial seperti Protein, lemak, karbohidrat, Vitamin dan Mineral. Mineral ini terdiri dari kalsium, zat besi adalah yang terpenting karena kedua mineral ini adalah mineral pembentuk tulang sehingga ayam bangkok mempunyai tulang-tulang yang kuat. Untuk vitamin cari yang mempunyai kadar vitamin C karena vitamin C berfungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh.

KEBEBASAN BERGERAK ANAK AYAM BANGKOK

Anak ayam bangkok dikenal sebagai anak ayam yang sangat lincah, mereka suka berlarian kesana kemari bahkan terkadang mereka suka bermain sehingga tampak seperti sedang berkelahi satu sama lain.
Disinilah letak kejelian kita dalam merawat ayam bangkok, usahakan untuk menyediakan tempat yang pas bagi ayam bangkok, jangan tempatkan mereka terlalu banyak di dalam kandang sehingga mereka tidak bisa berkelahi dan berlarian. Jika kandang terlalu kecil, akibatnya adalah anak ayam bangkok ini tidak bisa melatih otot-otot dan naluri bertarung mereka.
Baca Juga:
Updated: June 23, 2014 — 8:19 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme