tokoternak.com

tempatnya beternak

MEMILIH INDUKAN JANTAN AYAM BANGKOK

Untuk memilih induk ayam bangkok unggulan untuk dijodohkan, sebaiknya kita memperhatikan poin-poin yang akan saya jelaskan dibawah ini:
Seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya, pejantan yang unggul akan bisa menghasilkan pejantan unggulan pula. Kita tidak boleh gegabah dalam memilih indukan jantan ayam bangkok karena jika kita memilih ayam bangkok yang bertubuh kecil, dan kaki pengkor atau leher pendek maka kemungkinan untuk mendapatkan keturunan seperti itu juga akan sangat besar sekali. Perhatikan pula umur pejantan yang akan dijadikan indukan tersebut karena akan mempengaruhi kualitas sel pejantan yang akan dikeluarkan oleh ayam bangkok jantan tersebut.
Ayam bertubuh kecil, berkaki pengkor atau yang sudah terlalu tua tidak akan bsia memberikan keturunan yang berkualitas, bahkan daya tetas telur pada indukan pejantan ayam bangkok yang sudah tua sangatlah rendah, hal itu disebabkan karena kemampuan kawin ayam bangkok tua sudah tidak sebanyak ayam bangkok jantan yang masih muda.
Karena itulah, dalam pemilihan pejantan harus benar-benar selektif. Pada artikel berikutnya akan saya berikan beberapa titik penilaian agar kita tidak salah dalam memilih indukan ayam bangkok jantan.
Baca Juga:
Updated: June 11, 2014 — 6:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme