tokoternak.com

tempatnya beternak

PAKAN ANAK AYAM BANGKOK

Bagi kamu peternak ayam bangkok harap selalu memperhatikan konsumsi pakan ayam bangkok kalian. Karena ukuran fisik tubuh ayam bangkok sangat penting sekali agar grafik pertumbuhannya bisa mencapai angka yang maksimal.

Sejak kapan kita harus mulai memperhatikan asupan nutrisi buat ayam bangkok? Asupan nutrisi untuk ayam bangkok sudah harus dikelola sejak ayam berumur satu minggu. Ingatlah bahwa pakan ayam bangkok dari usia sampai satu minggu hingga berusia empat bulan bisa mempengaruhi ukuran dan postur tubuh ayam bangkok di kemudian hari. Anakan ayam sampai dengan umur 4 bulan harus menerima konsumsi pangan yang seimbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air. 
Untuk ayam bangkok kelas jawara, jangan samakan pakannya dengan pakan ayam kampung atau pakan ayam broiler. Mereka harus mempunyai pakan yang khusus yang sama sekali berbeda dengan ayam lainnya. Anakan bangkok yang baik akan bisa terlihat dari bentuk tulang, otot, bulu maupun bagian tubuh lainnya. 
Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan:

  • Ayam anakan yang berusia hingga 2 bulan sebaiknya tetap menggunakan pakan butiran (pelet/pur),
  • Pakan yang baru memerlukan adaptasi.   Jadi saat pertama memulai pakan buatan tersebut, berikan saat ayam sudah lapar sekali.  Jika tidak mau juga, taburi sedikit pelet/pur di atas pakan buatan tersebut.  Penyesuaian ini mungkin butuh waktu 2-3 hari.
  • Sayuran yang terbuang seperti batang kangkung/bayam, rumput dan daun-daun di pekarangan yang suka dimakan ayam dapat ditambahkan sedikit saat ngeblender ikan teri, gunanya untuk tambahan vitamin.
Updated: May 14, 2014 — 5:57 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme