tokoternak.com

tempatnya beternak

CIRI AYAM PELUNG

Ayam Pelung bisa ditemukan di dareah Cianjur, Jawa Barat. Cianjur adalah daerah awal lahirnya ayam pelung. Namun dalam perkembangannya, ayam pelung akhirnya menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Ayam pelung termasuk ayam asli Indonesia dan bentuknya juga hampir sama dengan jenis ayam kampung lainnya. Bicara mengenai ayam pelung, berikut ini beberapa ciri dari ayam pelung:
1. Postur yang tinggi besar
Bobot ayam pelung paling besar jika dibandingkan dengan ayam kampung lainnya. Berat badannya saja bisa mencapai 5-6 kg/ ekornya. Besarnya bobot badannya inilah maka ayam ini sering disebut ayam kampung pedaging (ayam buras pedaging).
2. Pertumbuhan fisik yang cepat
Dibandingkan dengan ayam kampung jenis lain, pertumbuhan ayam pelung jauh lebih cepat karena ayam ini memiliki postur tubuh yang sangat besar.
3. Suara kokok yang panjang dan merdu
Suara kokok ayam pelung enak didengar, berirama, dan sangat panjang. Ayam pelung mempunyai kokok yang berkualitas karena irama dan alunan panjang kokoknya seperti ketukan bunyi burung perkutut.
3. Kaki
kaki ayam pelung lebih besar dari ukuran kaki ayam dewasa lainnya dan berwarna hitam kebiruan.
4. Bulu
Bulu pada ayam jeni ini lebih mengkilap. Warna yang paling umum ditemukan pada ayam pelung adalah campuran antara hitam dan merah ataupun campuran antara kuning putih dan terkadang campuran warna hijau.
5. Pial. Pial ayam pelung pelung besar, bulat dan berwarna kemerahan.
6. Jengger. Jengger ayam pelung lumayan bear, tebal dan tegak. Warna jengger ayam pelung adalah berwarna merah.
Updated: May 25, 2014 — 10:20 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme