tokoternak.com

tempatnya beternak

BISNIS AYAM SERAMA DI PONTIANAK

Beternak ayam hias di Kota Pontianak memang cukup menjanjikan, selain karena memang peternaknya masih sedikit, yang kedua tidak memerlukan modal bear dan keuntungan yang didapat pun lumayan. Hal inilah yang membuat Masmin Sain (43 tahun), pelaku usaha ternak hias di Jalan Petani, Pontianak. Dia biasa mangkal di Jalan Sultan Syarif Abdurrahman menjajakan kelinci dan ayam hias.
Keuntungan yang paling besar ia dapatkan dari berjualan ayam hias.  Ayam hias berjenis ayam serama tersebut merupakan peliharaannya sendiri. Sehingga total keuntungan seluruhnya masuk ke kantongnya. Harga ayam serama ini bisa sampai satu jutaan rupiah. “Ada puluhan ekor ayam serama di rumah. Itu punya saya sendiri,” ucapnya.
Satu ayam serama dewasa paling murah dihargai olehnya Rp250 ribu. Sedangkan paling mahal mencapai Rp1,5 juta. “Yang satu juta ke atas ini jenisnya serama . Jenis paling kecil diantara yang paling kecil. Itu makanya orang suka,” imbuhnya. Ayam ini memang cukup unik dan banyak penghobinya.
Menurut Masmin Sain, dulu dia pernah menjajal usaha ternak nonhias, namun kurang menguntungkan. Sekarang dia tak ingin pindah ke ternak potong lagi. “Lebih menguntungkan beternak kelinci hias karena bermain di dunia hobi.  Menurut dia, bisnis ini masih menjanjikan ke depannya. “Apalagi saingannya sedikit. Saingan saya hanya toko burung, Itupun stok kelinci dan ayamnya sedikit,” pungkasnya. (ars) pontianakpost
Updated: May 1, 2014 — 4:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme