tokoternak.com

tempatnya beternak

BEDA TELUR AYAM KAMPUNG DAN AYAM NEGRI

Telur ayam adalah salah satu sumber makanan yang paling penting di Indonesia. Telur ayam pastinay kaya akan protein. Nah, kita di Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi dua jenis telur ayam. Pertama jenis telur ayam kampung dan yang kedua jenis telur ayam negeri. Apa saja sih perbedaan kedua telur ini?
Telur ayam kampung mempunyai berat yang hanya sekitar 6,27 gram sampai 55,4 gram dengan ukuran lebih kecil dibandingkan telur ayam negeri. Lalu mengapa telur ayam kampung lebih mahal dibandingkan telur ayam negeri? Hal itu karena produksi telur ayam kampung lebih sedikit dibandingkan dengan telur ayam negri.
Selain karena jumlah produksi yang lebih sedikit, kandungan gizi di dalamnya pun menjadi pembeda mengapa telur ayam kampung menjadi lebih mahal dibandingkan telur ayam negri. Kandungan protein pada telur ayam kampung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada ayam negri.
Bukan hanya protein, tapi juga kandungan vitamin A pada telur ayam kampung juga lebih tinggi dibandingkan telur ayam negri.

Karena kandungan protein yang lebih tinggi, telur ayam kampung biasa digunakan sebagai campuran jamu, dan dipakai sebagai bahan utama pembuat kur klasik seperti lapis legit, sementara telur ayam negeri banyak digunakan untuk membuat kue dan biskuit karena harganya lebih terjangkau.

Updated: May 21, 2014 — 10:54 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme