tokoternak.com

tempatnya beternak

ROFIUDIN, SUKSES BETERNAK AYAM JAWA SUPER

Nur Ahmad Rofiudin (24) warga Dukuh Sidomulyo Desa Rejosari kecamatan Mijen kabupaten Demak mempunyai usaha ternak ayam Jawa super yang baru ngetrend dimana-mana. Awalnya ia buka internet untuk mencari usaha yang cocok dengan tempat tinggalnya. Ayam itu ia pelihara sesuai dengan panduan yang ia dapatkan di internet. Selain pemberian pakan yang teratur kebersihan kandang diperhatikan. Kesehatan ayam juga dijaga dengan pemberian obat atau vaksin yang diberikan dalam minuman ayam.

Dengan modal seadanya iapun membeli bibit anakan dari Kudus sebanyak 200 ekor dengan harga sekitar Rp 5.000,-. Untuk kandangnya ia memanfaatkan lorong rumahnya dan tetangga dengan lebar 1,5 meter. Setelah semua pengeluaran dihitung saya dapat untung sekitar 1 Juta rupiah.

Melihat usaha peternakan ayam Jowo yang masih prospektif itulah Rofiudin memberanikan diri untuk mengembangkan usaha yang lebih besar. Kandang di samping rumahnya itu selain sempit juga dekat dengan pemukiman warga. Dengan meminjam BPKB orangtuanya rencananya ia akan membuat kandang permanen di pinggir sungai depan rumahnya.
Menurut Rofiudin beternak ayam Jawa ini lebih mudah dibandingkan beternak ayam potong jenis horn. Selain anti penyakit ayam juga mudah pemerliharaannya. Kandangnya sederhana tidak perlu diberi kipas pendingin jika cuaca panas . Ayam juga tahan dengan suara bising.
Updated: April 4, 2014 — 4:38 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme