tokoternak.com

tempatnya beternak

PAKAN AYAM KAMPUNG

Pemilihan pakan untuk ayam kampung sebenarnya tidak begitu sulit, makanan tradisional seperti sisa makanan juga bisa diberikan pada ayam kampung. Namun bagi yang ingin memiliki peternakan ayam kampung yang profesional maka ada baiknya dipertimbangkan dari segi biayanya. Biaya pakan adalah biaya produksi terbesar dalam budidaya ayam kampung, untuk itu diharapkan semua peternak mampu mencari pakan-pakan alternatif untuk menjaga produksi ayam kampung.


Pakan alternatif yang banyak digunakan oleh peternak adalah sebagai berikut:
1. Talas (umbi dan daun) disini menurut si peternak yang membudidayakan ayam kampung tersebut dapat digunakan umbinya saja, atau tangkai dan daunnya saja atau dikombinasikan keduanya. Yang sering beliau gunakan adalah tangkai dan daun talas.
2. Beras dolog (catu), agar biaya lebih murah bila di daerah anda tidak terdapat beras dolog ini beli saja beras yang paling murah atau beras aking juga boleh.
3. Dedak, disini untuk budidaya ayam kampung ini tidak masalah dedak kualitas sedang yang digunakan. Dedak kualitas sedang adalah dedak yang tidak terlalu halus.
4. tepung tulang atau tepung cangkang kerang (keong) ini tidak wajib, diberi jika ada saja.

Kekurangan dalam menggunakan pakan budidaya ayam kampung seperti ini adalah sulitnya mengadaptasikan ayam dengan pakan-pakan alternatif seperti ini. Tapi hal seperti ini biasanya hanya terjadi beberapa hari saja. Untuk melakukan penyesuaian paksa ayam kampung tersebut sebaiknya tidak memberi pakan selain pakan yang kita buat ini. Tidak perlu takut ayam akan mati kelaparan, ketika mereka lapar maka pakan ini akan mereka makan secara lahap.

Updated: April 17, 2014 — 12:27 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme