tokoternak.com

tempatnya beternak

BUDIDAYA AYAM SERAMA-KATE-KETAWA DI BONDOWOSO

Banyak PNS di lingkungan Pemkab Bondowoso yang menjelang pasien mencari kesibukan lain, sehingga mereka pun membentuk sebuah komunitas peternakan ayam. Salah satunya adalah Fan Haryanto, salah seorang pensiunan PNS Pemkab Bondowoso. Beliau adalah pensiunan dari PNS Bondowoso yang kini beternak ayam ketawa. Suasana sekitar rumahnya memang menjdi gaduh tetapi justru suara-suara ayam ketawa itu malah terdengar nyaman bagi yang mendengarnya. “Suaranya lucu. Seperti orang tertawa. Makanya dinamakan ayam ketawa,” jelasnya.
 
Sebelum pensiun, dia memang sudah mulai beternak ayam ketawa karena memandang prospek peternakan ayam ini cukup bagus. “Ayam ini bernilai jual tinggi. Akhirnya, saya membeli dua pasang ayam ketawa saat ada lomba ayam ketawa di Kediri,” terang beliau. Berkat ketekunan dan bantuan teman-teman komunitas ayam ketawa di Bondowoso, dia akhirnya berhasil mengawinkan sepasang ayam ketawa miliknya.
Setelah ayam miliknya sudah bertelur dan beranak, Fan mulai bisa mendapat keuntungan. Sebab, saat usia ayam di atas 3 bulan hingga hampir satu tahun saja, sudah dibeli orang. “Karena ayam ketawa saya sudah bisa kluruk. Dan, kebetulan suaranya disukai pembeli,” katanya.

Ayam Fan memang memiliki karakteristik agak lain. Ayam itu memiliki suara yang berbeda-beda. Ada yang bersuara seperti cengkok dangdut, slow, seriosa dan lainnya,” terangnya.

Kesibukan inilah yang membuat Fan Haryanto merasa enjoy di masa pensiunnya. Dia tidak merasakan adanya power syndrome karena tidak lagi menjabat sebagai PNS. “Kalau tekun dan serius, usaha ternak ayam ketawa dan kate, bisa mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” katanya.

Disarikan dari Jawa Pos (03/01/2014)

Updated: March 21, 2014 — 11:02 am

6 Comments

Add a Comment
  1. tipe ayam ketawa nya apa pak…??

  2. alamat yg bisa dikunjungi???

  3. mungkin ada yang mau beli ayam serama hub. kami 085331522772 tempat sukosari lor sukosari bondowoso

  4. di jual ayam serama dirumah kami hubungi 085331522772 alamt rumah sukosari lor sukosari bondowoso

  5. Berapa harga ayam seramanya

  6. Berpa harganya ayam serama dan ketawanya klo sepasang2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme