tokoternak.com

tempatnya beternak

AYAM SERAMA ASLI

Ayam serama, saat ini menjadi primadona bagi pencinta unggas, pasalnya ayam ini memiliki keunikan tersendiri. Ayam serama asli akan lebih mahal harganya. Ada sesuatu yang harus kita ketahui ayam serama jelas berbeda dengan ayam kate, walaupun sama-sama berbobot kecil, serama lebih diminati. Serama asli di percaya berasal dari Kelantan Malaysia, bobot tubuh tidak lebih dari 400 gram atau 0,4 kg. Hasil dari persilangan beberapa jenis ayam, ayam serama juga bisa bertahan hidup sampai 15 tahun.

Kepala ayam serama asli cenderung lebih kecil dengan wajah berwarna merah cerah, untuk organ-organ lain seperti paruh, telingga, mata tidak cacat. Ayam serama asli memiliki jengger  yang berukuran tidak terlalu besar dan juga kecil, lengkungannya mirip seperti kurva, posisinya tegak tidak miring, jumlah geriginya hanya 5 dengan ukuran dan kedalaman yang sama.  Ekor ayam serama lebih besar, vertikal dan tinggi. Bulu utama biasanya panjang menjulang serta berbentuk huruf V di ujungnya. Bulu-bulu yang menyusun ekor hanya 6 helai dan dilengkapi dengan asuh sebanyak  5 helai. Posisi ekor lurus tidak miring kekanan maupun kekiri.

Ketika berdiri sayap  ayam berposisi vertikal akan tetapi sedikit membelok kebelakang, ujung sayapnya sedikit menyentuh tanah, nah jika ayam serama berdiri normal  sedikit menjinjit mata tengah ayam serama akan sejajar lurur dengan jari-jari kaki. Sangat berbeda jauh dengan ayam kate, ayam kate berbobot sedikit lebih besar dari ayam serama, Sayapnya tidak menyentuh tanah atau dalam artian lebih pendek, tidak memiliki postur tubuh tegap seperti ayam serama yang memiliki postur tubuh berani, membedakan ayam serama dan kate bisa juga dilihat dari tinggi ayam tersebut, ayam serama tingginya hanya sejengkal orang dewasa, serta untuk membedakan mana ayam serama dan ayam kate bisa di bedakan dari harga, ayam serama memiliki nilai jual tinggi bahkan sampai ratusan juta. Mungkin penjelasan saya tentang ayam  serama agar anda yang ingin memelihara jenis ayam kecil  tidak tertipu dalam membeli serama asli.
Updated: February 14, 2014 — 10:38 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme