tokoternak.com

tempatnya beternak

PAKAN TAMBAHAN AYAM SERAMA

Selain memberikan pakan rutin, ayam serama disarankan untuk diberikan pakan tambahan dari buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Pepaya bisa dijadikan pakan tambhan karena pepaya berperan dalam melancarkan pencernaan. Harus kita ketahui, ayam serama itu memiliki usus yang pendek sehingga rentan sembelit bila makanan banyak menumpuk disaluran pencernaan. Oleh sebab itu dibutuhkan pakan tambahan guna melancarkan pencernaannya. 
Pepaya dan pisang juga kaya akan Vitamin C. Vitamin C sangat penting karena berperan meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam. Cara pemberiannya adalaha pepaya dipotong-potong terlebih dahulu sehingga muat dimakan sekali cetukan. Tempatkan potongan pepaya dalam tempat terpisah dengan pakan utama. Pepaya bisa di berikan 2 kali sehari, yaitu setelah pemberian pakan utama.

SUPLEMEN VITAMIN

Ada beberapa teman di daerah yang selain memberikan pakan utama juga menyisipkan vitamin yang rutin diberikan ke ayam-ayamnya. Biasanya vitamin yang diberikan ini berasal dari toko penyedia sarana peternakan dan umumnya vitamin untuk ayam serama sama dengan vitamin untuk ayam-ayam lainnya. Vitamin yang baik untuk ayam itu adalah yang mengandung vitamin C, B dan A. Vitamin bisa diberikan bersamaan dengan pakan dan minum ataupun terpisah.
Updated: January 28, 2014 — 11:19 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme