tokoternak.com

tempatnya beternak

MENCEGAH PENYAKIT AYAM SERAMA

MENCEGAH PENYAKIT AYAM SERAMA
penyakit ayam serama
Yang pasti adalah; Jangan pernah membeli ayam serama sakit! Ayam serama sakit sangat berbahaya bagi ayam serama sehat lainnya. Untuk anda yang sudah terlanjur membeli ayam seramaini, maka sebisa mungkin untuk memisahkan kandang ayam seramanya, jangan tempatkan ayam serama sakit tersebut bergabung dengan ayam serama lainnya. 


Ayam serama itu sangat suka mengais dan menceker-ceker tanah dengan kakinya sehingga kaki ayam serama sangat rawan terkena infeksi. Bila kaki ayam serama kotor atau terkena koreng atau infeksi, semprot kaki ayam serama dengan air garam. Jika tidak ada perubahan, coba kompres dengan alkohol namun diencerkan terlebih dahulu.

Jangan biarkan air menggenangi kandang ayam serama. Air yang menggenangi kandang akan menyebabkan perubahan kelembaban pada kandang ayam seramasehingga ayam serama akan lebih mudah sakit, kandang yang lembab juga menyebabkan parasit lain seperti tikus, kecoa, nyamuk dan semut akan menyukai kandang ayam serama.

Bersihkan kandang setiap hari. Sapulah kotoran ayam serama dengan sapu lidi dan pinggirkan kotoran ayam serama. Kotoran yang menumpuk di kandang akan menyebabkan bau yang menyengat dan hidupnya bibit penyakit.

Berilah tanaman sebagai penyejuk di sekitar kandang. Tanaman ditempatkan di pinggir kandang adalah yang melindungi dari sinar matahari dan usahakan tanaman yang ada di kandang adalah tanaman yang apabila dimakan ayam serama akan aman. Seperti sifat ayam serama yang akan memakan dedaunan di sekitarnya.

Updated: January 3, 2014 — 6:55 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme