tokoternak.com

tempatnya beternak

KEUNGGULAN AYAM SERAMA

Ayam Serama saat ini sedang peliharaan unggulan. Permintaan ayam asal Malaysia ini semakin banyak seiring banyaknya konstes ayam yang suka berlenggak-lenggok di atas catwalk. Bagi para pencinta unggas untuk kontes kecantikan, nama Ayam Serama pasti tidak asing lagi.
Ayam Serama yang berasal dari Malaysia ini memang terkenal unik karena memiliki karakter postur yang kerdil. Bahkan, menurut American Poultry Association dan American Bantam Association, Ayam Serama merupakan jenis ayam terkecil di dunia.
Percaya atau tidak, tubuh serama dewasa hanya selebar rentangan jari tangan orang dewasa. Berat ayam ini pun hanya sekitar 300 gram per ekor. Meski bodinya imut, ayam mungil sangat suka pamer, membusungkan dada dan berjalan gemulai layaknya peragawan-peragawati di atas catwalk.
Ayam Serama seringkali membusungkan dada dan mengepakkan sayap menunjukkan kehebatannya. Ayam kerdil ini pun gemar sekali menarik kepalanya ke belakang hingga membentuk huruf S.

Kontes Ayam Serama biasanya dibagi dalam enam kelas, yakni:

  • kelas pejantan dewasa A (berat 360 gram ke bawah),
  • kelas pejantan dewasa B (361-400 gram),
  • pejantan muda (umur 6-9 bulan),
  • pejantan remaja (3-6 bulan),
  • betina,
  • serta anakan (1-3 bulan).
Semakin kecil ukurannya dan terlihat proporsional, harga Ayam Serama semakin meroket, bisa Rp 20 juta-Rp 30 juta per ekor. Apalagi, kalau corak bulunya terang, membuat harganya bisa sampai Rp 50 juta per ekor.  Permintaan Ayam Seramamakin banyak karena kontes ayam lagi booming di Indonesia. Permintaan pun kini datang dari luar Jawa, seperti Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra dan Maluku.
Updated: January 4, 2014 — 3:19 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme