tokoternak.com

tempatnya beternak

AYAM SERAMA JANTAN KAWIN

Ayam serama sangat sulit untuk kawin sendiri. Butuh bantuan untuk mengawinkan ayam serama. Ayam serama ini sangat sukar untuk berkembangbiak sendiri. Kakinya yang pendek menyulitkan pejantan untuk melakukan penetrasi ketika hendak kawin. Akibatnya sering tidak tepat mengenai sasaran. 

Ayam serama jantan harus dibantu nangkring di atas ayam serama betina. Teknik pengawinan ini dilakukan dengan cara memegang ayam betina lalu menyodorkanya ke depan ayam serama jantan. Syaratnya:
  • Baik ayam serama jantan maupun ayam serama betina harus siap-siap kawin
  • Induk betina siap dipinang pada berusia 5 – 6 bulan. Serama betina seperti itu biasanya berperilaku jongkok jika dipegang punggungnya. 
  • Usia subur pejantan berkisar pada umur 4 hingga 5 bulan.
Gunakan teknik kawin gilir. Ayam serama betina dipaksa melayani 3 ekor pejantan. Penggiliran dilakukan secara berselang sekitar 2 – 3 jam dengan harapan peluang keberhasilan bisa lebih besar.
Meski ukuran tubuhnya kecil, serama termasuk jenis ayam bernafsu birahi tinggi, ayam serama mulai belajar kawin ketika berusia 3 bulan. Serama muda sehat harus bisa menyalurkan hasrat bercintanya sebanyak 6 – 8 kali setiap hari. Nafsu birahi serama memuncak ketika cuaca mendung, atau pagi dan sore hari.
Updated: January 16, 2014 — 12:40 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme