tokoternak.com

tempatnya beternak

PERAWATAN KANDANG AYAM SERAMA

perawatan kandang ayam serama

KEBERSIHAN KANDANG AYAM SERAMA
Hindari penumpukan kotoran di dalam kandang karena penumpukan kotoran itu akan mengundang penyakit, kandang harus dibersihkan secara teratur.
Jika perlu taruh triplek atau plastik di bagian bawah kandang sehingga saat kotoran jatuh akan menempel di permukaan alas tersebut. Permukaan alas triplek atau plastik ini harus rutin diganti setiap 1-2 hari tergantung dari banyak tidaknya kotoran.
STERILISASI KANDANG AYAM SERAMA
Selain dibersihkan dan disikat, kandang ayam serama juga mesti disterilisasi secara teratur minimal 2 bulan sekali. Caranya dengan menggunakan larutan formalin 40%. Setelah itu celupkan kain kedalam larutan, lalu masukan ke dalam kandang. Uap yang dihasilkan larutan akan membunuh bakteri penyebab penyakit. Sebaiknya tutup kandang terlebih dulu dengan plastik atau kain agar sterilisasi lebih efektif. Jika tidak ada, kamu bisa membeli bayclin, cukup tambahkan bayclin 10 cc ke 1 liter air untuk membunuh kuman penyakit, setelah itu kandang dijemur dan diistirahatkan, biasanya selama 3-5 hari.
Kandang yang ditaruh dilokasi teduh cenderung lembap. Kondisi itu dapat mengundang bibit penyakit. Oleh karena itu sebaiknya jemur kandang dibawah terik matahari secara berkala. Bila perlu bersihkan dahulu dengan sabun yang mengandung desinfektan sebelum dijemur.

Updated: December 24, 2013 — 6:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme