tokoternak.com

tempatnya beternak

KONTES AYAM SERAMA

Memenangkan kontes ayam serama. Dalam rangka memenangkan kontes ayam serama, kita sebagai pemilik ayam serama harus tahu terlebih dahulu jenis kontes yang dilombakan, jangan sampai kita salah memasukkan kategori ayam kita. Ingatlah pada saat kontes biasanya panitia tersebut memperlombakan kelas kontes ayam serama yang berbeda-beda. Dalam menggelar acara kontes, panitia akan mempertimbangkan kesanggupan menyediakan sarana Beberapa tingkat sering diperlombakan diantaranya:

1. Dewasa Kelas Utama/ Jantan Muda (A)
Karakteristik adalah berat badan ayam yang masih kurang 360 gram. Kelas ini adalah kelas yang paling bergengsi di arena kontes. Kelas ini sering disebut juga dengan Kelas Dewasa Muda. Yang dinilai mulai dari dadanya membesar bahkan keluar getar (salah satu gaya dalam kontes) dan juga bulu ekor, taji jengger, dll
2. Dewasa Kelas/ Jantan Dewasa (Madya) B
Karakteristik kelas ini adalah berat ayam antara 360-450 gram. Ayam-ayam yang berlomba dikelas ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran biasa atau mungkin lebih tua. Kelas ini biasanya juga disebut Kelas Jantan Dewasa.
3. Betina Dewasa
Terkadang ada juga panitia yang menambahkan kontes ayam serama betina di dalam acaranya, namun biasanya tidak pernah diambil kelas berdasarkan beratnya.
4. Anakan
Ini merupakan kelas paling banyak pesertanya. Pemain pemula umumnya banyak yang turun dikelas ini. Kelas anakan di bagi menjadi 6 kelas. Ada juga yang membedakan kelas ini berdasarkan berat badan ayam.
– Anakan A jantan (usia 1-2,5 bulan atau dibawah 120 gram)
– Anakan A betina (usia 1-2,5 bulan atau dibawah 120 gram)
– Anakan B jantan (usia 2,5-3,5 bulan atau 121-160 gram)
– Anakan B jantan (usia 2,5-3,5 bulan atau 121-160 gram)
– Anakan C jantan (usia 3,5-5,5 bulan atau anakan lebih dari 161 gram )
– Anakan C Betina (usia 3,5-5,5 bulan atau anakan lebih dari 161 gram)
Updated: December 10, 2013 — 8:28 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme