tokoternak.com

tempatnya beternak

PERAWATAN AYAM SERAMA

Perawatan ayam serama sangat penting agar pada saat kontes penampilannya prima. Ayam serama yang mempunyai penampilan prima akan sangat lincah dan agresif. Pada saat kontes, ingatlah bahwa kebersihan dan kerapihan bulu akan menjadi penilaian yang tersendiri, karena itulah ayam seram yang dilombakan biasanya jarang dikawinkan karena ayam yang selalu sering kawin biasanya bulu-bulunya cepat rusak.

Jaga kebersihan ayam serama anda, jangan diumbar di halaman karena bulu-bulnya bisa rusak, kotor dan rentan terkena kuman. 
Pastikan untuk melatih ayam serama anda untuk bisa berjalan di karpet, karena ayam kurang terlatih biasanya akan mematuki karpet atau meninggalkan arena lomba.

Cara melatihnya:

  • Ayam dibasahi air dengan menggunakan lap / kain. Letakkan ayam di atas meja yang sudah diberi karpet warna hijau. Ini sebagai latihan bahwa warna hijau dari karpet bukanlah rumput hijau yang bisa dipatuki. Jadi, saat lomba ia tidak akan mematuki karpet.
  • Untuk mencegah ayam serama kabur, Anda perlu membiasakan ayam untuk berjemur di bawah terik matahari pagi. Lama penjemuran maksimal 2 jam, bisa dimulai pukul 08.00, dan berakhir pukul 10.00. Penjemuran dilakukan di atas meja latihan, dan ayam dalam kondisi dikurung.
  • Setelah penjemuran,  ayam jangan langsung diberi minum, karena bisa menyebabkan penyakit “ngorok”. Setelah dijemur, ayam ditaruh di tempat teduh dulu, untuk diangin-anginkan selama 15 – 30 menit. Setelah itu baru diberi air minum.

Updated: June 1, 2013 — 3:05 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme