tokoternak.com

tempatnya beternak

AYAM KAMPUNG DAN AYAM BROILER

Walaupun ayam broiler lebih banyak dikonsumsi ketimbang ayam kampung, ternyata kandungan gizi ayam kampung jauh lebih banyak dibandingkan dengan ayam broiler. Alasannya adalah; Ayam kampung memiliki struktur daging yang berwarna merah atau gelap yang menunjukkan tingginya kadar hemoglobin (zat besi dalam darah). Kandungan zat besi ini jauh lebih tinggi daripada ayam broiler. Selain itu, ayam kampung itu bebas antibiotik, kandungan mineral lebih lengkap, mulai dari zinc, kalsium, fosor dan kalium membuat ayam ini lebih sehat dibandingkan ayam broiler.
Prof Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari IPB bahkan tidak menyarankan perempuan hamil terlalu sering mengkonsumsi ayam broiler karena ayam-ayam ini disuntik hormon yang bisa membuat perempuan nantinya menjadi lebih cepat mengalami menopause. Selain itu, ayam broiler cenderung lebih stress dibandingkan ayam kampung, itu karena paruhnya sudah dipotong agar tidak menjadi kanibal, lalu diberi makan berlebihan yang membuat bebannya lebih berat sehingga kakinya tidak kuat. Jika ayam ini sudah stres terlebih sejak kecil maka kandungan gizinya akan menjadi tidak maksimal.

“Walaupun ayan kampung ini lebih alot dagingnya, tapi komposisi lemaknya lebih bagus dan zat gizinya lebih banyak dibandingkan dengan ayam broiler,” ujar Prof Ahmad.

Updated: June 3, 2013 — 7:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme