tokoternak.com

tempatnya beternak

TIPE AYAM SERAMA


 TIPE AYAM SERAMA

Ayam serama sekarang sedang naik daun. Sekarang ayam serama sedang dicari dan jadi primadona baru dalam dunia ayam. Bentuk ayam serama ini sangat unik sekali. Perawakannya kecil dan makanannya pun sedikit sehingga kotorannya tidak banyak. Disamping itu, ayam ini tidak memerlukan perawatan yang ekstrim. Pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan tipe-tipe ayam serama yang banyak ditemukan dipasaran.

1. Tipe Slim.Serama tipe ini, adalah tipe serama yang pertama kali ditemukan dan sudah diternakkan sejak 10 tahun yang lalu. Ayam kecil yang diketahui awalnya hanyala ayam kate, sehingga serama dengan tipe slim adalah tonggak awal dikenalnya varietas ayam serama. Posturnya yang tegap, bak serdadu yang siap berperang, menjadikan serama populer dengan ayam sombong. Serama tipe slim memiliki tubuh proporsional layaknya ayam kampung, jadi tidak kelihatan bantat. 


2. Tipe Apple
Serama tipe apple atau lebih poputer dengan istilah bold, adalah serama yang diperkenalkan kekhalayak pada tahun 2003-2004. Karekter yang membedakan dengan tipe sebelumnya adalah tegapnya serama dengan dada besar sehingga jika melakukan tarikan kepala bisa berada di belakang punggung. Ayam serama jenis ini mempunyai kaki yang agak pendek, sehingga mirip dengan buah apel.

3. Tipe Ideal

Ayam serama tipe ini adalah persilangan dari teipe slim dan apple. Bentuknya ramping dengan dada yang besar. Inilah serama moderen yang kita kenal sekarang banyak dipakai kontes. Kendati demikian untuk memperolah serama dengan karakteristik seperti yang diinginkan tidaklah mudah, sebab darah slim atau bold masih sering muncul pada keturunannya. Dari 100 anakan yang lahir dari persilangan serama ini, hanya 8-5 ekor yang sesuai dengan keinginan. Sehingga serama yang memiliki bodi ideal berkualitas kontes harganya masih terbilang mahal.
Updated: May 22, 2013 — 3:08 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme